4 Alasan Diet Membantu Meningkatkan Kesehatan Kucing

Nutrisi yang seimbang dan lengkap adalah penting untuk hewan apa pun. Namun, kebutuhan nutrisi akan bervariasi tergantung pada tahap kehidupan kucing. Misalnya, kebutuhan nutrisi anak kucing jauh berbeda dari kebutuhan kucing dewasa yang menjalani kehidupan tetap. Sebaliknya, seiring bertambahnya usia kucing kita, kebutuhan nutrisi mereka dapat berubah lagi.

Berikut adalah empat alasan untuk memastikan bahwa makanan hewan peliharaan Anda dirancang khusus untuk tahap hidupnya.

1. Anak kucing yang tumbuh membutuhkan makanan hewan peliharaan dengan tingkat protein yang lebih tinggi dan jumlah kalori yang lebih tinggi daripada kebanyakan kucing untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhannya. Jika tuntutan nutrisi ini tidak terpenuhi, pertumbuhan hewan peliharaan Anda mungkin terhambat dan / atau hewan peliharaan Anda menjadi sakit.

2. Obesitas adalah penyakit nutrisi paling umum yang terlihat pada kucing saat ini. Salah satu alasan untuk ini adalah pemberian makan tahap kehidupan yang tidak tepat. Misalnya, kucing – terutama yang memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak – dapat menjadi kelebihan berat badan atau bahkan obesitas jika diberi makan makanan hewan peliharaan yang ditujukan untuk anak kucing. Tentu saja kucing yang memakan makanan kucing yang dirancang untuk pemeliharaan orang dewasa juga bisa menjadi kelebihan berat badan jika makan berlebihan, tetapi tingkat kalori yang lebih tinggi pada makanan anak kucing tentunya akan berkontribusi pada masalah tersebut.


3. Kucing betina yang sedang hamil atau menyusui memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih tinggi daripada kucing yang tidak aktif bereproduksi. Selama kehamilan dan saat menyusui, induk kucing benar-benar makan lebih dari satu. Jika kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi, anak kucingnya mungkin menderita kekurangan susu. Dengan kata lain, induk kucing mungkin tidak dapat menghasilkan jumlah susu yang cukup untuk memberi makan semua anak kucingnya. Selain itu, kekurangan gizi juga dapat menyebabkan penyakit bagi ibu. Sebagai contoh, kekurangan kalsium dapat menyebabkan penyakit serius yang disebut eklampsia, yang melibatkan tremor, kejang, dan bahkan kematian ibu.

4. Kucing senior sering juga memiliki persyaratan nutrisi khusus. Kucing dengan masalah mobilitas mungkin mendapat manfaat dari makanan hewan peliharaan yang mengandung glukosamin dan / atau asam lemak seperti DHA dan EPA. Kucing yang lebih tua juga dapat menderita penyakit seperti penyakit ginjal kronis atau penyakit jantung. Dalam beberapa kasus, memberi makan makanan kucing yang tepat sebenarnya bisa menjadi metode yang efektif untuk mengelola penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *